Minggu, 11 Desember 2011

F-22 Raptor 1/72 Tamiya

Saya kembali dengan review F-22 Raptor skala 1/72 dari Tamiya


Saya mendapatkan Kit ini di toko mainan Petra Summarecon Mall Serpong seharga Rp.150.000
Langsung saya bawa ke kasir tanpa pikir panjang hehehe sebenarnya ada satu lagi kit Tamiya F-18 Super Hornet skala 1/72 di bawah kardus kit ini seharga Rp.130.000... Karena saya tidak membawa uang lebih, jadi saya memutuskan untuk membeli hornetnya nanti setelah gajian.
Tetapi tadi siang pas saya ke sana ternyata kit hornet itu sudah raib.. T.T memang belum berjodoh sama hornet hiks... baiklah..kembali ke Kit Raptor :D


Ketika unboxing kit ini saya kaget... kenapa kit merk TAMIYA yang asalnya dari jepang ini kok tulisan di plastik kitnya : "Made In Italy" ??!!


Setelah mencari info sana sini.. ternyata TAMIYA ini bekerja sama dengan Pabrikan Kit Italia yang bernama ITALERI... mereka saling memasarkan produk kit ini ke tangan para modeller di seluruh dunia.
Kesan pertama saya pada kit ini adalah bahan plastiknya yang lebih tipis dari buatan ACADEMY, detil garis panel yang cukup dalam tetapi sayang sekali panel cockpitnya datar tanpa detail sama sekali. Untuk detail panel instrumentasi cockpit diberikan decal.


Proses perakitan dimulai dari cockpit. Setiap bagian sesuai dengan bagian lain, tidak perlu proses putty-ing di sini. Masalah baru muncul ketika sudah sampai ke bagian merakit main fuselage... entah kenapa bagian atas fuselage dibagi dua. Pembagian ini membuat jarak yang lumayan besar.. harus memakai dempul untuk menghilangkan jarak ini.
Gambar jarak yang menganga di atas Fuselage

Setelah dempul sana sini, kikir mengikir, amplas mengamplas, saatnya pengecatan :D
Untuk Kit ini saya sudah menggunakan mini kompresor airbrush 

(baru beli di toko online seharga Rp.745.000 lengkap dengan penbrush kit nya :P)

Tahap pertama adalah mengecat dengan Primer terlebih dahulu agar catnya menempel dengan kuat. Selain itu juga, primer bisa menonjolkan bagian-bagian yang belum rapih sehingga kit bisa dirapikan dulu sebelum di cat total.
Cat Primer
Setelah primer kering, maka dilanjutkan dengan warna dasar pesawatnya.
Warna yang disarankan oleh TAMIYA adalah cat XF-53 Netral Grey dan XF-2 Flat White dengan perbandingan 2:1 
Lalu selanjutnya adalah warna kamuflase Raptor menggunakan cat XF-54 Dark Grey dan XF-52 Flat Earth dengan perbandingan 20:1. 

Untuk pengecatan ini saya tidak menggunakan masking tape karena bentuk pola yang agak rumit untuk membuat masking nya.
Teknik yang saya gunakan adalah pola kamuflase digambar menggunakan pensil di body pesawat, setelah itu baru ditimpa langsung dengan airbrush dengan teknik freehand. :P

Sementara baru sampai sini proses pengerjaannya.. nanti akan dilanjutkan di post berikutnya ;)


1 komentar: